" Selamat datang di www.khairilanwardiniy.blogspot.com"

Minggu, 01 April 2012

Pimpin Rapat, Dahlan Iskan Manfaatkan 12 Group BB


TEMPO.CO Jakarta:Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan sudah terbiasa memimpin rapat melalui Blackberry Messenger. Mantan Direktur Utama PT PLN itu, rapat dengan BBM lebih efektif ketimbang rapat bertemu muka. Alasannya, bisa menghemat banyak biaya dan waktu. Ia mengaku memiliki 12 grup BBM.
"Grup BBM itu untuk menghemat rapat, ada 12 grup eselon 3 di Blackberry saya," kata Dahlan ketika mengisi talk show bertema "Pemimpin Muda, Belajar Merawat Indonesia" di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Kamis 29 Maret lalu.
Dengan memanfaatkan teknologi informasi secara positif, menurutnya, bisa sangat membantu pekerjaannya. "Rapat-rapat internal perusahaan di bawah BUMN sering dilakukan dengan hanya melalui pesan melalui smartphone itu," ujar Dahlan.
Sehingga, dia melanjutkan, tidak ada alasan untuk mengadakan rapat setiap hari. Alasannya, adanya grup BBM bisa mengefektifkan dan memangkas dana untuk rapat. "Bayangkan, sudah berapa rupiah yang terpangkas untuk anggaran rapat."
Terobosan Dahlan soal rapat melalui BBM bukan hal baru baginya. Dalam bukunya berjudul "Dua Tangis dan Ribuan Tawa", Dahlan banyak membuat gebrakan-gebrakan di PT PLN ketika ia masih menjabat di sana. Pada buku terbitan PT Gramedia tahun 2011, Dahlan pernah mengeluarkan aturan baru, yaitu menghapus penggunaan baju seragam karena sebagian banyak karyawan PLN yang hampir 50 ribu itu mempersoalkan pengadaan baju seragam.
Tak hanya itu, Dahlan juga menghapus upacara tiap tanggal 17 Agustus karena banyak perdebatan mulai dari wajib atau tidaknya pakai kophiah hingga inspektur upacaranya. Mantan wartawan itu juga menghapus perjalanan dinas selama sebulan penuh karena banyak perdebatan soal itu. Total ada 28 ribu perjalanan saat itu yang dibatalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar