" Selamat datang di www.khairilanwardiniy.blogspot.com"

Senin, 26 Maret 2012

10 Fakta Perilaku Konsumsi Umat Muslim

BloggerMu.com – Awal bulan Desember 2010 ini, American Muslim Consumer Conference (AMCC) di New Jersey, Amerika Serikat membuat penelitian tentang tentang perilaku konsumsi umat Muslim global. Kebanyakan responden yang digunakan (AMCC) adalah komunitas muslim di Negeri Paman Sam. Berikut adalah sepuluh fakta menarik tentang umat Muslim duni:
1. Total populasi umat muslim di dunia adalah 1,6 miliar. Angka ini adalah 25 persen dari total populasi penduduk dunia. Diprediksi populasi umat muslim akan mencapai 50 persen pada 2050. Dengan catatan jumlah muslim bertambah per tahunnya 1,5 sampai 2 persen dari 1,6 miliar tersebut.
2. Tipikal umur umat muslim di dunia saat ini adalah kalangan muda. Sebagai contoh di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Selatan, menurut survey, hampir 50 persennya berusia dibawah 25. Populasi ini diharapkan meningkat ke kelas menengah karena ada tren masyarakat urban yang sedang berkembang saat ini. Hasilnya bisa dilihat sepuluh tahun mendatang.
3. Setiap tahunnya pasar syariah global menghasilkan US$ 2 triliun. Pendapatan ini sudah termasuk semua produk barang dan jasa yang dikonsumsi umat muslim baik itu makanan ataupun produk bank.
4. Rata-rata pendapatan dari makanan halal adalah US$ 632 miliar per tahun. Itu merupakan 16 persen pendapatan dari industri makanan global. Angka tersebut terus naik secara signifikan dan menggambarkan pertumbuhan yang ekspansi ekonomi yang cukup luar biasa bagi umat muslim. Ada yang memprediksi industri makanan halal akan naik dan cukup signifikan di dunia terutama di benua Amerika.
5. Perputaran uang di pasar Islam diperkirakan US$ 1 triliun. Sedangkan pendapatan di sektor Islam hanya sekitar US$ 55 miliar per tahun di seluruh dunia. Dibandingkan dengan pasar konvensional yang menghasilkan US$ 22 triliun pertahun, pertumbuhkan keuangan Islam dinilai semakin mapan. Jika pendapatan dari sistem keuangan Islam konsisten, diprediksi suatu saat nanti bisa menguasai keuangan global.
6. Daya beli umat Muslim di Amerika Serikat Serikat sebesar US$ 200 miliar per tahun atau US$ 25 ribu per kapita. Jika daya beli komunitas muslim meningkat 1,4 persen per tahunnya diperkirakan konsumsi umat muslim secara global akan mencapai US$ 10 triliun pertahunnya. Artinya ekonomi umat muslim semakin mapan dan Islam bukan lagi komunitas yang terpingirkan di Amerika Serikat.
7. Menurut penelitian terakhir umat Muslim Amerika punya pendapatan berbeda-beda menurut gender. Komunitas muslim Amerika juga punya warga yang berbeda-beda secara etnik.
8. Sebanyak 16 persen dari US$ 100 miliar pendapatan produk halal Amerika Serikat disetorkan kepada pemerintah. Uang tersebut rencananya akan digunakan untuk mengembangkan dan memperbanyak toko-toko makanan halal di seantero Amerika Serikat.
9. Biaya beriklan di kawasan Timur tengah hanya $6 per kapita. Ini adalah angka paling kecil jika dibandingkan dengan Amerika Utara $369, Eropa $117, Asia $23 dan Afrika $7. Bagi pakar marketing jasa iklan merupkan peluang usaha yang cocok bagi komunitas muslim.
10. Nestle merupakan perusahaan manufaktur makanan halal terbesar dengan penjualan lebih dari US$ 5 miliar per tahunnya. 7Sebanyak 5 dari 481 produk Nestle merupakan produk halal yang tersebar di seluruh dunia. Sebagai perusahaan, Nestle memanfaatkan celah untuk menjual produknya kepada komunitas muslim di seluruh dunia. Mereka melakukan sistem pemasaran bespoke (memesan) untuk semua produknya mulai dari obat-obatan, asuransi, sampai makanan balita.
Itulah fakta di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa Islam sedang dalam proses tahap bangkit. Perkenonomian perlahan mulai membaik. Penganut Isalam juga semakin banyak. Dan yang lebih menggembirakan banyak lahir pemuda-pemuda Islam.
Pasar halal juga sedang berkembang di Amerika Serikat padahal yang kita tahu selama ini di Amerika sulit sekali ditemukan makanan halal. Sebagai umat Muslim ada baiknya kita ikut berpartisipasi dengan cara menyebarkan ilmu dan berbuat baik kepada sesama.[teks:danang/gambar:athalal.com]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar